Kaligrafi Dari Kulit Telur

Kulit telur adalah salah satu sampah dapur yang sebagian besar diantara kita menganggap tak ada gunanya. Namun sebenarnya kita dapat memanfaatkan barang yang tak berguna ini mejadi sebuah karya seni yang benilai tinggi. Bahkan ada yang telah menjadikannya  sebagai sumber mata pencarian bagi keluarganya.
Karya seni ini memang sangat unik. karena dari hanya sampah yang tak berguna, di tangan seorang yang kreatif, sampah ini bisa di sulapnya menjadi karya seni yang bisa sampai melanglang buana (di export ke luar negeri ) atau dipesan oleh wisatawan manca negara.

                                
                                           

Baiklah sekarang kita sipkan bahan dan alat-alatnya.
Yang pertama tentu saja ;

Bahan Dan Alat;

 Kulit telur.
Triplek.
Cat
Kuas besar dan kuas untuk menggambar
Lem PVAc
Cuter
Amplas

Cara Membuat ;

PerTama kulit telur diciuci bersih,dan buang kulit arinya. Kemudian jemur hingga kering.



Langkah selanjutnya adalah memilih dan memilah, sesuai warna .



Tahapan Selanjutnya Adalah kita ambil triplek yang sudah kita persiapkan, Kita amplas sampai halus, kemudian kita cat dengan cat Warna sesuai yang kita inginkan. Cat sampai rata.

 Kemudian dengan kapur tulis, kita buat pola pada media triplek yang sudah kita cat rata tadi.







tahap selanjutnya yaitu, telur yan sudah kita pisakan warnanya tadi,kita kasih lem satu persatu,lalu kita tempelkan ke media / Triplek.
 
Satu persatu kulit telur kita tempelkan sesuai dengan pola yang sudah kita buat.

Dan jika ada kulit telur yang keluar atau menonjol keluar dari pola bisa kita luruskan dengan mengiris langsung dengan memakai cuter.


 Jika kulit telur sudah selesai kita tempel , dan setelah kering kita cat bagian-bagian yang kita inginkan supaya ada efek gelap atau lerang,atau warnai sesuai imajinasi kita.

Kemudian kita amplas kulit telur yang kita cat dengan tujuan agar mendapatkan efek lain tadi, sampai halus dan sesuai dengan keinginan kita.


 


 


Demikian proyek kita kali ini.  Proyek kita kali ini saya rangkai dari sebuah acara di salah satu TV.
Semoga bermanfaat.