Lampu Hias Dari Ranting

Salam "kreatif" untuk semua. Disini, di blog ini anda  akan semakin menjadi kreatif jika anda dengan setia selalu mengikuti posting-posting yang selalu up to date ini. hehehe..................(sombong...............).

Pada kesempatan kali akan kita bahas cara membuat lampu hias dari ranting kering.
Ranting, biasa kalau orang yang bermukim di desa memanfaatkan bahan ini sebagai kayu bakar  untuk masak saja. Kalau penduduk perkotaan jika melihat barang ini paling-paling juga hanya dianggap sampah yang mengotori lingkungan. kemudian mengambil korek api dan membakar habis.
 
Untuk itu, disini saya berusaha untuk memanfaatkan barang tersebut untuk dibuat menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat ketimbang hanya dijadikan kayu bakar saja.

OK, kita akan membuat sebuah proyek lagi. Yakni Lampu Hias dari Ranting


Pertama yang kita butuhkan adalah Ranting-ranting kering. Kita bersihkan dari kotoran dan kita cuci hingga bersih.

Kemudian kita jemur hingga kering, lalu kita cat dengan warna coklat agar kelihatan natural.. Atau sesuai selera kita. kemudian kita jemur lagi hingga betul-betul kering,

langkah selanjutnya kita potong triplek dengan ukuran 20x10 cm atau sesuai kebutuhan (ingin besar atau kecil), Kemudian kita beri kayu seperti ini supaya kuat atau supaya bisa dipaku unntuk membentuk kotak 4 persegi panjang.

 Dan kita rangkai seperti ini, kita paku dengan benar dan kuat. sehingga menjadi kotak seperti dibawah ini.

Kerja kita selanjutnya adalah membuat dasar/alas yang sekaligus berfungsi sebagai kaki dari lampu hias kita. kita potong papan yang agak tebal dengan ukuran 13x13cm, Lalu kita amplas hingga halus dan bersih dari kotoran.

Kemudian kita potong papan dan kita buat seperti gambar di bawah ini, Lalu kita cat, dan kita jemur hingga kering.

 Dan lagi kita buat lis seperti gambar di bawah ini untuk kita buat lis, kita cat dan jemur sampai kering.
 setelah semuanya kering kita rangkai seperti  dibawah ini.

Sebelum kita rangkai semuanya, jangan lupa kita beri bolam, untuk warna bolam bisa kita sesuaikan dengan selera kita. atau bisa juga yang natural.

 Untuk lis yang kita buat tadi kita pasan seprti ini, dengan tujuan kotak jadi lebih kuat dan kokoh.
 Langkah selanjutnya Yaitu kita buat lis seperti gambar di atas sebanyak tiga buah dengan salah satu lebih panjang dari yang lain untuk kita pasang di tengah seperti gambar dibawah ini yang berfingsi sebagai hiasan. Lis ini bisa kita pasang dengan menggunakan lem bakar.
Setelah semuanya terpasang rapi, baru kita susun ranting kering yang tadi sudah kita cat, dan kita jemur sampai kering tadi,

 Nah inilah penampakan sosok Lampu Hias dari Ranting yang telah kita buat, indah dan menarik bukan?
Demikian proyek kita kali ini.
kita akan semakin Kreatif ketika kita mau dan sering berlatih.