Kerajinan Batok Kelapa



Kotak tisu dari batok kelapa
Hari yang cerah.............!     semoga secerah hati kita hari ini.
 Buah kelapa yang sudah diambil daging buahnya, akan berupa sampah. Dan biasanya hanya digunakan sebagai kayu bakar, terutama tempurung atau batoknya. Karena konon ketika masak nasi pakai kayu bakar dari batok, nasi rasanya akan menjadi lebih enak. Tapi barang-barang Tersebut akan dirubah bentuk dan fungsi ketika barang tersebut sudah berada di tangan para creator yang "KREATIF".
Barang yang dulunya hanya berfungsi sebagai kayu bakar bisa dirubah menjadi barang-barang yang bernilai seni yang tinggi.

Selain batok tersebut dibuat menjadi tempat minuman , juga dibuat tas, mampan, kaligrafi, vas bunga, gantungan kunci,  dan lain-lain. Dengan sentuhan rasa seni yang halus, kerajinan batok kelapa tersebut menjadi kelihatan lebih artistik, lebih cantik dan sangat menarik.

 Dibawah ini beberapa gambar hasil karya para seniman tempurung kelapa;



tempat minum dari batok kelapa
 







 Cara membuat kerajinan ini dimulai dengan memilih batok yang berkwalitas baik. Kemudian dengan kreasi seni yang tinggi dibentuk karya sesuai kreasi yang kita inginkan. Dengan menghaluskan dan menambah polytur atau vernis agar warnanya mengkilat. Untuk hiasan yang di pasang di dinding bisa menambahkan pigura dasar agar menghasilkan hiasan yang bagus.
Gambar-gambar diatas adalah contoh hasil karya dari batok kelapa yang sangat artistik dan bernilai seni (dan tentunya juga bisa menghasilkan rupiah ).

Dari sini anda juga bisa berkreasi dengan menciptakan karya-karya yang lain sesuai dengan kreativitas kita.
Mungkin untuk pertama kali terasa agak susah. Tapi dengan ketekunan dan kesabaran serrta ketelatenan, kita akan terbiasa dan menjadi mudah untuk mengerjakan.